June 05th 2008 - Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Environment Day)

daffa birthday

Lilypie 1st Birthday PicLilypie 1st Birthday Ticker

Senin, Juni 02, 2008

Ayo! Kenalkan Budaya Bersih Sejak Dini.

“Selamat buat Depok, menjadi kota terkotor bulan ini”, “Petinggi Kota Bekasi Kaget di cap kota terkotor!”, “Bandung Lautan Sampah?”, “Bang Yos, Bingung mau buang sampah kemana!”. Itulah sebagian headline media cetak beberapa bulan terakhir ini. Menyedihkan bukan?.


Siapa yang harus disalahkan? Apakah pemerintah daerah atau Masyarakatnya?. Well, pertanyaan itu tidak perlu saya jawab. Yang lebih penting saat ini adalah bagaimana caranya agar kita bisa menanamkan budaya bersih pada generasi penerus kita.

Memang bukan hal yang mudah tapi kalau kita memulai dari diri kita dan keluarga kita saya optimis beberapa dekade kedepan tidak mustahil kota kita akan menyusul negara-negara tetangga yang terkenal dengan kebersihannya.

Mulai dari sekarang tanamkanlah budaya bersih ke diri kita masing-masing. Kalau saya pribadi sejak dini sudah mengajarkan budaya bersih ke putra saya dengan cara mewajibkan dia untuk membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lantai yang kotor oleh makanan yang ia cecerkan. Awalnya sangat susah mengenalkan budaya bersih ini kepada toddler (Anak Usia 2 Tahun sampai 4 tahun), tapi lambat laun dan dengan keuletan, akhirnya putra saya bisa melakukan itu. Contoh; Iya bisa membuang sendiri Pampers bekas di tempat sampah. Ia juga sangat kreatip mengambil lap jika lantai tempat ia bermain kotor oleh makanan.

Melalui media “Aku Sayang Bumi” ini, saya menganjurkan dan mengajak teman teman sekalian untuk mulai memperkenalkan budaya bersih kepada Ponakan, Anak, cucu, cicit dan keluarga terdekat . Karena kalau bukan sekarang kapan lagi?.

Tidak ada komentar:

My Family